Blockchain adalah Masa Depan

Lupakan Bitcoin, Blockchain adalah Masa Depan

Lupakan Bitcoin, Blockchain adalah Masa Depan – Blockchain adalah masa depan, begitulah orang-orang menyebutnya. Cryptocurrency dari semua jenis menggunakan teknologi buku besar keuangan yang terdistribusi yang dikenal sebagai blockchain. Blockchains bertindak sebagai sistem terdesentralisasi untuk merekam dan mendokumentasikan transaksi yang terjadi yang melibatkan mata uang digital tertentu. Sederhananya, blockchain adalah buku besar transaksi keuangan yang menyimpan salinan identik di setiap komputer anggota dalam suatu jaringan.

Baca Juga: Perbankan Hanya Awal Dari 55 Industri Besar Blockchain Bisa Berubah 

Setiap pihak dapat meninjau entri sebelumnya dan merekam yang baru, meskipun sebagian besar jaringan blockchain memiliki aturan yang rumit untuk penambahan kelompok baru catatan, “blok,” ke rantai catatan sebelumnya.

Blok dan konten di dalamnya dilindungi oleh kriptografi yang kuat, yang memastikan bahwa transaksi sebelumnya dalam jaringan tidak dapat dipalsukan atau dihancurkan. Dengan cara ini, teknologi blockchain memungkinkan mata uang digital untuk mempertahankan jaringan transaksi tepercaya tanpa bergantung pada otoritas pusat. Karena alasan inilah mata uang digital dianggap sebagai “terdesentralisasi.” (Lihat juga: Bagaimana Cara Kerja Blockchain?)

Baca Juga: Blockchain, Teknologi Tiga Generasi

Sementara blockchain paling terkenal karena perannya dalam memfasilitasi kebangkitan mata uang digital selama beberapa tahun terakhir, ada juga banyak penggunaan non-cryptocurrency lainnya untuk teknologi ini. Memang, beberapa pendukung blockchain percaya bahwa teknologi itu dapat jauh melampaui cryptocurrency sendiri dalam hal dampak keseluruhannya dan bahwa potensi nyata dari blockchain baru saja ditemukan.

Dengan demikian, ada kemungkinan bahwa penasihat keuangan dan banyak lainnya di dunia investasi akan menghadapi teknologi blockchain jauh lebih banyak di tahun-tahun mendatang, apakah itu terkait dengan mata uang kripto spesifik atau jika digunakan dalam sejumlah aplikasi lain.

Di bawah ini, kami akan mengeksplorasi beberapa kasus penggunaan yang paling menarik dan populer yang kemungkinan akan membawa blockchain lebih jauh ke dunia bisnis dan keuangan arus utama.

Pembayaran Lintas Batas

Secara tradisional, transfer nilai sangat mahal dan lambat, menurut laporan oleh Deloitte, dan terutama untuk pembayaran yang terjadi melintasi perbatasan internasional. Salah satu alasan untuk ini adalah bahwa, ketika banyak mata uang terlibat, proses transfer biasanya memerlukan beberapa bank di beberapa lokasi sebelum penerima yang dituju benar-benar dapat mengumpulkan uangnya. Ada layanan yang ada untuk membantu memfasilitasi proses ini dengan cara yang lebih cepat, tetapi ini cenderung mahal.

Baca Juga: Blockchain, Penentu Perubahan untuk Iklan Online

Teknologi Blockchain memiliki potensi untuk memberikan alternatif yang jauh lebih cepat dan lebih murah untuk metode pembayaran lintas batas tradisional. Memang, sementara biaya pengiriman uang biasa mungkin setinggi 20% dari jumlah transfer, blockchain dapat memungkinkan biaya serendah 2%, serta kecepatan pemrosesan transaksi yang dijamin dan real-time.

Ada rintangan yang harus dilalui, termasuk regulasi cryptocurrency di berbagai belahan dunia dan masalah keamanan. Meskipun demikian, ini adalah salah satu bidang aplikasi teknologi blockchain yang paling menjanjikan dan dibicarakan. (Untuk lebih lanjut, lihat: Penggunaan Bitcoin Paling Menguntungkan: Bisnis Pengiriman Uang Luar Negeri $ 600 Miliar?)

Kontrak Cerdas

Kontrak pintar sering dipandang sebagai aplikasi teknologi blockchain yang sangat kuat. Kontrak-kontrak ini sebenarnya adalah program komputer yang dapat mengawasi semua aspek perjanjian, dari fasilitasi hingga pelaksanaan.

Baca Juga: Teknologi Baterai Lithium Ion Dapat Dipotong

Ketika kondisi terpenuhi, kontrak pintar dapat sepenuhnya dijalankan sendiri dan ditegakkan sendiri. Untuk pendukung kontrak cerdas, alat ini memberikan alternatif yang lebih aman, lebih otomatis untuk hukum kontrak tradisional, serta aplikasi yang lebih cepat dan lebih murah daripada metode tradisional.

Aplikasi potensial dari teknologi kontrak pintar pada dasarnya tidak terbatas dan dapat meluas ke hampir semua bidang bisnis di mana hukum kontrak biasanya berlaku. Tentu saja, meski sangat dipuji-puji, kontrak cerdas bukanlah pengganti ajaib untuk ketekunan kuno.

Baca Juga: Blockchain Penemuan Terbesar Dalam Sejarah

Faktanya, kasus Organisasi Otonomi Terdesentralisasi (DAO) adalah kisah peringatan dan peringatan bagi investor untuk tidak menganggap bahwa kontrak pintar lebih baik daripada informasi dan organisasi yang dimasukkan pengguna ke dalamnya. Meskipun demikian, kontrak pintar tetap menjadi salah satu cara paling menarik bahwa teknologi blockchain telah melampaui ruang cryptocurrency dan memasuki dunia bisnis yang lebih luas.

Manajemen Identitas

Salah satu hasil paling bermasalah dari era internet adalah keamanan identitas. Meskipun banyak individu dan organisasi yang rajin menjaga identitas online mereka dan mengamankan informasi pribadi, selalu ada aktor jahat yang ingin mencuri dan mengambil keuntungan dari barang-barang digital ini. Teknologi Blockchain telah menunjukkan potensi untuk mengubah cara manajemen identitas online terjadi.

Baca Juga: Bagaimana Blockchain Merevolusi Distribusi Konten

Blockchain menawarkan tingkat keamanan yang luar biasa, berkat proses verifikasi independen yang terjadi di seluruh komputer anggota di jaringan blockchain. Dalam kasus mata uang digital, verifikasi ini digunakan untuk menyetujui transaksi sebelum ditambahkan ke rantai. Mekanisme ini dapat dengan mudah diterapkan pada jenis prosedur verifikasi lainnya, termasuk verifikasi identitas dan banyak aplikasi lainnya juga.

Pada titik ini, blockchain adalah teknologi dengan rangkaian potensi penggunaan yang sangat luas. Meskipun blockchain paling terkenal dengan koneksinya ke dunia cryptocurrency yang sedang berkembang, beberapa aplikasi lain telah dieksplorasi.

Baca Juga: Penggunaan Teknologi Robot dalam Industri

Namun, mungkin yang lebih menarik adalah bahwa cara-cara baru memanfaatkan blockchain muncul setiap hari. Dengan demikian, apakah Anda terlibat langsung dalam ruang mata uang digital atau tidak, penting untuk mengembangkan pemahaman tentang blockchain dan bagaimana hal itu dapat digunakan untuk mengubah dunia bisnis dan investasi.